0
Apakah hanya model cantik yang akan disukai dunia? Tidak selalu. Wajah yang cantik tidak harus menjadi persyaratan utama ketika seorang model cantik mulai menapaki kariernya. Tinggi badan dan berat yang proporsional pun dijadikan tolok ukur penilaian model cantik. Sesungguhnya standar kecantikan itu berbeda-beda untuk tiap masa dan bangsa. Apa yang disebut cantik di negara A, belum tentu berlaku di wilayah D. Misalnya saja, bangsa Cina zaman dulu sangat menyukai kaki yang kecil untuk anak perempuan sehingga kaki anak perempuan harus diikat sejak kecil. Tidak jarang, dalam prosesnya terjadi patah tulang atau bentuk kaki tumbuh menjadi abnormal. Itulah risiko untuk menjadi “cantik”.

model lokal

Model Cantik dan Selebriti Top

Model cantik selalu dihubungkan dengan selebriti top atau atlet. Bukan pemandangan aneh jika kita menyaksikan nama-nama atlet pria yang populer menggandeng model cantik dalam kehidupan nyata. Ada yang hanya seumur jagung, ada pula yang berlanjut hingga ke pelaminan. Kondisi seperti ini tidak hanya terjadi di luar negeri, tapi juga di Indonesia.

Entah mengapa model cantik selalu identik dengan pria berduit. Carla Bruni adalah seorang model cantik yang sangat top. Di tahun 90-an, dia termasuk ke dalam 20 model termahal di dunia. Konon, penghasilannya dalam setahun bisa mencapai 7,5 juta dolar! Carla memang tidak menikahi atlet atau bintang rock. Akan tetapi, Carla menjadi ibu negara dari sebuah negara Eropa yang bernama Perancis!

Lalu ada seorang model berkulit hitam dengan wajah eksotis, Iman. Pernikahannya dengan penyanyi David Bowie bertahan hingga kini.Model cantik yang pernah menjadi seorang supermodel ini berasal dari Somalia. Belakangan, Iman bahkan menjadi seorang pebisnis dengan membuka usaha kosmetik dan sebuah lini pakaian yang diberi label “Global Chic”.

Cindy Crawford pernah punya nama yang sangat mencorong di dunia model. Tahi lalatnya pernah dihina ketika dia mulai menapaki dunia model. Siapa sangka kalau kemudian justru tahi lalatnya yang menjadi ciri khasnya? Beberapa model berwajah mirip dengan Cindy, seperti Niki Taylor. Namun tahi lalatnya menjadi pembeda yang membuat Cincy istimewa.

Cindy Crawford sedang berada di puncak karier ketika dia menikahi bintang film top nan tampan, Richard Gere. Saat itu, Gere pun sedang meraih popularitas luar biasa setelah sederet filmnya yang sukses besar. Pasangan ini menikah namun hanya bertahan sebentar. Meski sempat dijuluki sebagai pasangan paling serasi di dunia, mereka akhirnya bercerai juga.

Lebih jauh ke belakang, dunia gosip sempat heboh dengan berita pernikahan Sylvester Stallone dengan mantan model cantik, Brigitte Nielsen. Masalah harta yang kemudian mengikuti berita perceraian mereka cukup membuat heboh.

Kisah yang terbaru adalah hubungan frontman Maroon 5, Adam Levine dengan kekasihnya yang merupakan model asal Rusia. Setelah bertahan beberapa tahun, hubungan keduanya akhirnya kandas.Begitulah, para pesohor menjadi magnet bagi para model cantik. Atau sebaliknya?

Dunia Model - Model Cantik

Jika berbicara tentang model cantik tentu kita akan berorientasi pada model cantik yang ada di majalah atau catwalk. Model cantik tahun 80-an hingga 90-an dikenal di seantero dunia. Nama-nama seperti Cindy Crawford, Linda Evangelista, Christy Turlington, atau Claudia Schiffer, tidak sedikit yang kemudian merambah dunia akting, misalnya. Walau pada umumnya mereka tetap bertahan di jalur model.

Nah, di antara para bidadari yang memang berwajah sangat cantik ini, terselip model berwajah unik, Naomi Campbell. Jika mau jujur, Naomi tidak secantik supermodel lain yang berkibar di masa itu. Berkulit hitam dan berbibir tebal, Campbell malah dianggap sebagai wajah yang unik.

Model cantik tetap direkatkan pada Naomi meski secara fisik masih ada sangat banyak model lain yang lebih menawan. Naomi dianggap eksotis dan istimewa sehingga menjadi kesayangan banyak desainer dunia. Dia juga membintangi salah satu klip Michael Jackson yang sangat populer, “In The Closet”. Kala itu, Naomi tampil dengan ciri khas rambut panjangnya yang lurus.

Hal senada terjadi di negara kita. Model dengan wajah unik kadang justru lebih menonjol dibanding model cantik lainnya. Misalnya saja Okky Asokawati. Okky berwajah unik namun menarik. Berbeda dengan Karenina, Katherine Wilson, atau Naila Alatas, misalnya. Namun, Okky justru pernah menjadi supermodel di negara kita.

Belum lama ini, sebuah kampanye unik diadakan di Amerika Serikat. Ada dua orang perempuan yang difoto. Yang satu dengan kondisi tubuh yang cenderung kerempeng, seperti model yang wara-wiri di catwalk belakangan ini. Sementara model yang satu lagi justru lebih berisi, mirip model cantik era Cindy Crawford. Mengapa ini dilakukan?

Ternyata ada kekhawatiran dari banyak pihak, terutama dari para ahli kesehatan, tentang ukuran tubuh para model yang terus menyusut. Para model era tahun 90-an dianggap mempunyai ukuran tubuh yang lebih masuk akal.

Sementara model masa kini dituntut harus sangat kurus jika ingin terus bersaing di atas panggung dan mendapat pekerjaan. Beberapa tahun belakangan, beberpa orang model cantik mengalami nasib yang mengenaskan. Mereka meninggal dunia karena diet yang terlalu ketat dan tidak sehat.

Dunia model masa kini selalu menyajikan wajah-wajah baru yang segar. Aneka pemilihan model diselenggarakan di seluruh dunia, mulai dari yang sifatnya lokal dan murni menilai keindahan fisik hingga yang mengadopsi pemilihan ala putri kecantikan.

Indonesia pun memiliki ajang sejenis. Pihak yang menggelarnya pun beraneka ragam, mulai dari lembaga tertentu hingga majalah remaja. Anda tentu familiar dengan pemilihan “Gadis Sampul”, bukan? Dari ajang ini muncullah model cantik yang berkiprah di dunia hiburan tanah air. Nama-nama seperti Lulu Tobing, Desy Ratnasari, Cut Tari, Dian Sastro, Ersa Mayori, Annisa Pohan, atau Andhara Early mengawali karier mereka di ajang ini. Nike Ardilla dan Krisdayanti pun pernah mengikuti ajang ini.

Amerika mengenal “America’s Next Top Model” yang digagas oleh model cantik ternama, Tyra Banks. Ajang ini sudah berjalan belasan musim dan masih tetap bertahan karena banyak peminatnya. Ajang ini dianggap sebagai salah satu acara pemilihan model yang paling bergengsi.

Tyra Banks sendiri mengembangkan dirinya sedemikian rupa melalui acara ini sehingga tidak lagi sekadar menjadi model. Dia juga menjadi host dan mempunyai acara bincang-bincang sendiri. Memang sejauh ini Tyra belum mampu menyaingi Oprah Winfrey, namun acara bincang-bincangnya sendiri cukup diminati penonton.

Merengkuh karier di dunia model sebelum berkiprah ke dunia akting juga dijalani oleh banyak bintang top. Cameron Diaz, misalnya. Meski cukup sukses menjajal dunia model, namun kariernya tidak pernah sekinclong Kate Moss, misalnya.

Namun lain halnya ketika Cameron memutuskan untuk berakting. Mantan model cantik ini justru mendunia lewat peran-perannya di layar kaca. Charlie’s Angels adalah salah satu judul film yang pernah melambungkan namanya. Karier Cameron sendiri sangat berkilau dan menjadi salah satu bintang film perempuan yang pernah dibayar sekitar 20 juta dolar.

Charlize Theron adalah salah seorang aktris top yang pernah menggenggam Academy Award beberapa tahun silam. Itu ganjaran yang diterimanya karena bermain sangat ciamik pada film “Monster”. Film ini didasarkan pada sebuah kisah nyata yang dialami seorang pelacur bernama Aileen Wuornos yang membunuh beberapa pelanggannya dengan darah dingin.

Akting Charlize sangat gemilang dan dia rela tampil jelek serta menambah bobot tubuhnya. Namun, mungkin tidak banyak yang tahu kalau perempuan ini dulunya seorang mantan model cantik] dari Afrika Selatan. Model cantik ini meraih puncak karier dari dunia akting.

Popularitas Model Cantik 

Dunia hiburan selama ini identik dengan kehidupan gemerlap. Masyarakat pun disuguhi berbagai fenomena yang berusaha menonjolkan kehidupan mewah para pelaku dunia hiburan ini. Para model cantik menjadi salah satu daya tarik yang dianggap bisa menjual bisnis hiburan di tengah masyarakat. Beragam cara dilakukan demi mengangangkat popularitas artis-artis tersebut.

Baik dengan cara menjual prestasi di bidang yang mereka geluti, hingga mengumbar gosip yang terkadang nampak sekali kesan dibuat-buat. Semua ditujukan demi mengangkat popularitas seorang artis model cantik agar bisa tetap eksis di dunia hiburan tersebut.

Di kancah internasional maupun dalam negeri, kita sudah sering disuguhi aneka macam berita dari para artis tersebut. Mulai dari kehidupan pribadi mereka, hingga ragam masalah terkait pelanggaran hukum. Dengan cara ini, diharapkan mereka mampu menarik perhatian para pemburu berita dan mengekspos pemberitaan tersebut. secara tidak langsung hal ini akan bisa memperkenalkan nama sang artis model cantik tersebut di benak masyarakat yang akhir-akhir ini gemar menikmati sajian berbau gosip dari infotainment.

Definisi Model

Seorang model pada prinsipnya adalah orang yang menggunakan penampilannya dan chemistry visual dirinya untuk menjual barang atau jasa. Model biasanya bekerja dalam situasi arange produksi promosi, termasuk sesi fotografi, studio rekaman video dan tempat-tempat yang menampilkan fashion show live di catwalk. Yang lainnya berkerja pada lingkungan pemodelan populer termasuk toko-toko khusus, toko retail, ruang pamer komersial dan salon kustom.

Model selalu menjadi bagian dari pemasaran di dunia mode, tergantung pada gambar yang diinginkan oleh penyewanya atau didikte oleh produk atau jasa yang dia promosikan. Pendeknya, tubuh seorang model, adalah milik penyewanya. Dan model ini tentu saja karena berafiliasi pada bentuk tubuh, akan selalu mengambil bentuk yang ‘sempurna’. Tanda kutip sempurna. Mitos, dan penilaian kesempurnaan itu diserahkan kepada selera penyewa, namun dari selera umum, selera pasar, selera yang kita lihat sementara ini model sempurna itu adalah adalah model cantik, model indah, model tampan, model berotot, model jangkung, dan bila dipersingkat, adalah konsep ubermanch tubuh, sebagaimana kaum NAZI menyaratkannya. Jangkung, tirus, kekar, slender, berkaki panjang, payudara padat, balance, cantik, bersih. Seorang model ubermanch yang meyakinkan dapat menggambarkan dirinya dalam berbagai usia, gaya dan kepribadian secara signifikan dapat meningkatkan pemasaran penyewanya.

Post a Comment

 
Ke atas