-->

0
CPU (Central Processor Unit) atau sering disebut prosesor merupakan bagian penting pada setiap device, Karena prosesor adalah pusat dari segala kinerja yang teroperasikan pada device itu sendiri. Tidak hanya pada PC (Personal Computer), prosesor / CPU juga terdapat pada Smartphone. Banyak sekali jenis Smartphone yang beredar di pasaran secara global, itulah yang membuat banyaknya pula macam prosesor yang dihadirkan. Seringkali itu juga membuat bingung para konsumen yang akan membeli Smartphone, apakah prosesor pada Smartphone pilihannya sudah dapat memberikan kinerja yang diharapkan atau belum, karena pasalnya jika membeli Smartphone adalah yang sesuai dengan kebutuhan sedang anda perlukan. Pada kesempatan kali aku akan sedikit memberikan gambaran tentang prosesor yang ada pada Smartphone, dikhususkan untuk yang bersistem operasi Android.



Berbagai Macam Prosesor Pada Smartphone Android :

Snapdragon
Prosesor jenis ini sering kali tampil pada dapur pacu Smartphone pada saat ini, mungkin anda juga sering menjumpainya tetapi belum mengetahui lebih detail tentangnya. Banyak kabar yang menyebutkan bahwa prosesor Qualcomm ini memliki kinerja yang bagus dibanding dengan yang lain, karena dapat terlihat pada saat ini banyak sekali Smartphone yang menggunakan CPU jenis ini. Mungkin prosesor ini dapat memberikan kinerja yang baik untuk device serta memiliki beberapa teknologi yang dapat memberikan banyak efek positif pada Smartphone atau Tablet.



MediaTek
Prosesor jenis ini adalah hasil produksi dari perusahaan MediaTek atau yang lebih dikenal dengan MTK yakni perusahaan yang menjual komponen untuk perangkat komunikasi nirkabel. Alasan mengapa CPU jenis ini banyak digunakan, karena disamping harga nya yang relative murah, prosesor MediaTek ini memiliki kemampuan kerja yang tidak diragukan lagi dibanding yang lain.



Intel
Intel Corporation merupakan sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di daerah USA dan sangat terkenal dengan sebuah rancangan produksi mikroprosessor nya dan juga mengkhususkan dalam pembuatan sirkuit. Intel juga membuat kartu jaringan, komponen chipset dan lainnya.



Exynos
Prosesor Exynos ini dikembangkan dibawah naungan perusahaan Samsung Electronics. Prosesor ini dibangun dengan basis System on a Chip (SoC) yang memang dikhususkan untuk perangkat mobile, seperti Smartphone dan Tablet. Prosesor Exynos ini banyak dipasarkan dengan berbagai jenis yang memiliki beda spesifikasi. Misalnya pada keluaran pertamanya, pihak Samsung Electronics mengeluarkan Exynos 3110 atau hummingbird. Pernah denger nggak prosesor dengan jenis itu ? prosesor jenis ini memang jarang dijumpai pada perangkat – perangkat cerdas jaman sekarang karena sudah digantikan dengan prosesor – prosesor keluaran terbaru. Kelebihan prosesor ini adalah dibidang game dan kinerja multitaskingnya.



Tegra
Prosesor yang kedua ini yakni Tegra. Prosesor ini dikeluarkan oleh pihak NVIDIA. Prosesor product nvidia ini dikabarkan memang sangat berkembang dikarenakan teknologinya yang lebih dulu menggunakan teknologi quad-core dimana pada saat yang hampir bersamaan , produsen lain masih gencar dengan teknologi dual-core. Prosesor tegra ini adalah NVIDIA Tegra 3 dimana memiliki keunggulan didalam visualisasi yang apik dengan konsumsi daya yang tidak besar. NVIDIA biasanya memang digunakan pada PC yang memang digunakan untuk game, jadi mungkin itu juga tidak jauh dari kinerja NVIDIA tegra untuk Smartphone ini.



OMAP
Prosesor OMAP ini adalah hasil kerja Texas Instrument. Prosesor jenis ini sering digunakan karena kelebihannya yang dapat memberikan serta memproses tampilan situs internet layaknya anda browsing website pada komputer, prosesor ini juga memberikan antarmuka yang lebih cepat, dengan OMAP ini Smartphone dapat menunjang kamera primer dan sekunder secara lebih kuat juga mampu menampilkan video Full HD dengan kualitas yang bagus.




Berikut tadi tentang macam prosesor yang ada pada Smartphone Android, semoga bisa menjadi pencerahan untuk teman-teman semua.

sumber : oketekno.com
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

 
Ke atas