0
Smartphone yang berbasis android, pada saat ini menjadi salah satu jenis telepon genggam yang banyak disukai oleh masyarakat. Hal ini karena banyaknya fasilitas android yang memanjakan pengguna telepon genggam tersebut. Sehingga pengguna telepon genggam yang berbasis android bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang mendukung aktivitas mereka.



Aplikasi android ini bukan hanya berhubungan dengan fasilitas yang berkaitan dengan kegiatan telepon saja. Namun aplikasi tersebut juga memberikan kemudahan dalam berbagai hal lain, terutama yang berkaitan dengan internet.

Dengan adanya telepon genggam yang dilengkapi fasilitas android tersebut, menyebabkan pergeseran orientasi masyarakat ketika mereka memilih telepon genggam. Inilah yang membedakan dengan proses pemilihan telepon genggam pada beberapa dekade ke belakang. Dimana pada awal-awal kemunculan telepon genggam, masyarakat memilih sebuah perangkat telepon genggam, lebih dikarenakan bentuk dan harganya.

Sejarah Kerjasama dengan Android Inc. 

Sejarah kerjasama antara Android Inc dengan perusahaan lain diawali kerjamasa dengan Google. Kerjasama ini sendiri dilakukan sejak bulan Juli 2005. Kerjasama kedua perusahaan ini terjadi disebabkan karena beberapa pendiri Android, yang berdiri di Palo Alto, California Amerika Serikat, juga bekerja pada Google. Beberapa pendiri Android tersebut antara lain Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White.

Ketika pertama kali diluncurkan, Android masih dianggap sebagai sebuah perangkat lunak yang diperuntukkan bagi telepon seluler. Anggapan ini dimiliki oleh sebagian besar kalangan yang selalu mengamati perkembangan teknologi terbaru telepon seluler. Anggapan tersebut membuat munculnya spekulasi pada Google. Banyak yang memperkirakan bahwa Google akan melebarkan jaringan bisnisnya dengan ikut bermain di pasar telepon seluler dunia.

Terlebih dengan adanya kenyataan bahwa ketika itu, di perusahaan Google sendiri sedang dibentuk suatu tim pimpinan Andy Rubin. Tum ini diberi tugas untuk mengembangkan program perangkat seluler dengan berbasis Linux. Fakta inilah yang kemudian menjadi dasar adanya spekulasi bahwa Google akan meramaikan persaingan industri telepon seluler dunia.

Tahun 2007, Google membuat sebuah gebrakan baru melalui pengajuan hak paten aplikasi telepon seluler. Gebrakan ini semakin memperkuat rumor mengenai masuknya Google dalam industri telepon tersebut. Walau rumor itu tidak sepenuhnya benar, pada akhirnya Google mengenalkan Nexus One, yang merupakan salah satu telepon pintar berbasis GSM.

Dalam sistem operasinya, telepon tersebut sudah mengadopsi program Android sebagai sistem operasi. Perusahaan yang menciptakan Nexus One yaitu HTC Corporation serta memperkenalkan produk tersebut pada 5 Januari 2010.

Walau begitu, Nexus One bukanlah telepon seluler pertama di dunia yang memanfaatkan Android sebagai sistem operasinya. Karena, sistem ini sudah digunakan sebelumnya pada tahun 2008. tepatnya, ketika HTC Dream diperkenalkan pada 22 Oktober 2008, sebagai telepon seluler pertama yang menerapkan Android untuk mendukung sistem operasinya.

Aplikasi Android Paling Populer

Hingga saat ini, ada beberapa aplikasi Android yang paling banyak digunakan oleh penggunanya. Beberapa aplikasi Android yang paling populer tersebut antara lain :
  1. Facebook for Android, yang merupakan sebuah aplikasi untuk memudahkan pengguna Android dalam mengakses situs jejaring sosial Facebook. Dengan demikian, kita bisa memantau perkembangan akun facebook kita setiap waktu.
  2. Instagram, yaitu aplikasi yang digunakan untuk mengolah foto sekaligus jejaring sosial yang basisnya adalah foto. Aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi andalan dari Android, dimana kita bisa menambahkan ornamen atau efek khusus pada foto yang kita tampilkan.
  3. Opera Mini Web Browser. Dengan fasilitas ini kita akan mudah untuk menjelajah dunia maya secara mobile dengan cepat, mudah dan murah. Karena aplikasi ini diciptakan gratis serta mampu menekan data sampai 90%.
  4. WhatsApp Messenger. Yang sering juga dikenal sebagai pembunuh SMS serta menjadi pesaing berat fasilitas BBM dari BlackBerry. Aplikasi ini lebih lengkap, karena mampu menyampaikan video, audio, foto serta terutama teks.

Post a Comment

 
Ke atas