-->

2
Ada banyak penyedia jasa blog yang bisa kamu gunakan secara gratis. Kamu bisa mendaftarkan diri di Blogger, Blogspot, Multiply, Wordpress dan penyedia blog lainnya untuk mulai membuat sebuah blog. Kamu bebas melakukan design terhadap blog yang Kamu miliki.

Di zaman informasi dan teknologi ini, memiliki blog adalah hal biasa dan wajib adanya. Kamu wajib memiliki blog karena banyak manfaat blog yang bisa Kamu raih. Dengan pengelolaan yang baik atas blog yang Kamu buat, Kamu akan bisa meraih berbagai manfaat blog tersebut.

Langkah berikutnya adalah mengisi blog dengan menulis. Pada awalnya tentu tidak mudah membiasakan diri untuk menulis di blog Kamu. Namun secara perlahan-lahan Kamu akan bisa membuat artikel yang menarik untuk mengisi halaman blog Kamu.


Berbagai Manfaat Blog

Ada banyak manfaat yang bisa Kamu peroleh dari blog baik itu Kamu sadari maupun tidak. Banyak orang yang telah memanfaatkan keterbukaan blog untuk berbagai keperluan. Berikut ini adalah beberapa manfaat blog yang bisa Kamu petik:

  • Sarana promosi diri. Manfaat blog yang kedua adalah sebagai media promosi diri. Kamu yang berprofesi di bidang apapun bisa memperkuat pandangan orang tentang diri Kamu. Dengan menulis di blog, orang lain yang membaca akan lebih mengenal Kamu baik secara personal maupun secara impersonal. Di blog Kamu juga bebas mengungkapkan ideologi Kamu dan menyebarkan pesan-pesan yang baik. Kamu juga bisa berbagi informasi dan pengetahuan yang Kamu miliki demi perkembangan para pembaca blog Kamu.

  • Sarana belajar menulis. Dengan memiliki blog, Kamu wajib menulis bagaimanapun caranya. Blog Kamu harus diisi secara berkala baik itu dengan berbagai artikel atau cerita yang bisa Kamu buat sendiri. Memang Kamu bisa mengambil bahan dari tempat lain. Namun alangkah baiknya Kamu mencoba untuk menulis sendiri karena dengan demikian Kamu akan memperoleh manfaat yang lebih dari blog ini.

  • Sarana promosi produk dan jasa. Banyak orang yang menggunakan blog sebagai sarana promosi. Jika dulu Kamu harus membuat sebuah website sebagai toko online untuk menjual produk, maka saat ini blog juga bisa menjadi toko online Kamu.
    Di blog, Kamu bisa memaparkan berbagai informasi produk yang Kamu jual. Kamu juga bisa menampilkan gambar dan foto produk yang Kamu jual. Selain itu, Kamu juga bisa menjelaskan prosedur dan tata cara pembelian produk dan jasa Kamu. Blog mempermudah promosi online dan manfaat blog ini begitu besar terasa bagi para penjual barang dan jasa karena luasnya cakupan promosi.

  • Tempat curahan hati. Manfaat blog lainnya yang juga bisa Kamu raih adalah sebagai tempat curhat dan menulis diari serta perjalanan hidup Kamu. Kalau dulu Kamu harus menulis diari dalam sebuah buku, saat ini Kamu bisa melakukannya secara online. Kamu juga bisa mengatur tingkat kerahasiaan tulisan di blog Kamu sehingga tidak semua orang bisa membaca tulisan Kamu. Blog sangat bersifat personal.

  • Sumber penghasilan. Penghasilan bisa Kamu peroleh saat produk Kamu berhasil dijual melalui blog. Namun ada cara lain untuk meraih penghasilan dengan memanfaatkan blog. Jika Kamu tahu tentang Adsense yang ditawarkan oleh Google, maka Kamu akan tahu bahwa blog juga bisa Kamu gunakan untuk mendapatkan penghasilan dari Adsense Google. Kamu hanya perlu mendaftarkan diri pada Adsense Google, kemudian menambahkan kode Adsense Google di blog Kamu.

Masih banyak manfaat blog yang bisa Kamu ambil. Pada dasarnya memiliki blog juga akan memperluas jaringan sosial Kamu. Kini sudah saatnya Kamu mulai nge-blog dan meraih segala manfaat blog tersebut.
Sekian tips dari METAL CANGKIR, semoga kamu bisa memulai langkah baru untuk menjalani aktivitas Blogging .

Post a Comment

  1. Wah ternyata banyak juga ya manfaat membuat blog...., saya suadah buat blog dan itu hanya sekedar coba, setelah membaca artikel ini saya lebih temotivasi untuk melanjutkannya, tapi gimana cara baik menulis isi blog tersebut ?

    ReplyDelete

 
Ke atas