-->

0
Pernahkan kamu terpikirkan kenapa dan apa tujuan seseorang saat membuat Blog ? Tentunya selain untuk menuangkan imajinasi dan ungkapan isi hati, banyak sekali tujuan yang bisa didapat dari aktifitas Blogging. Sekarang ini banyak sekali para penyedia jasa pembuatan blog, dari yang berbayar maupun gratis, sampai nama-nama seperti Blogspot, WordPress sudah tak asing lagi di telinga.

Namun yang perlu dipikirkan untuk apa para blogger tersebut membuat blog mereka, dari yang sederhana sampai yang sangat kompleks. Tapi, mari kita ingat-ingat dulu apa sih sebenarnya Blog itu? Kalau menurut versi Metal Cangkir sendiri, Blog adalah singkatan dari web blog, aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan ( yang dimuat dalam bentuk posting ) dan biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet, sesuai dengan topik dan keinginan Blogger itu sendiri. Dari sinilah akan muncul pertanyaan apa saja tujuan seorang blogger membuat blog? Sedikit Klarifikasi yang Metal Cangkir jabarkan :

tujuan seorang blogger
1. Untuk media beriklan atau memperkenalkan sesuatu.
Terkadang seorang Pengusaha, Lembaga, atau Organisasi cenderung memanfaatkan blog untuk media beriklan seperti memperkenalkan produknya, membuat official site organisasinya, atau juga sebagai sarana Social Network.

2. Untuk mendapatkan penghasilan seperti dengan Beriklan tadi, mendapatkan penghasilan yang dimaksud adalah dengan menjual sesuatu melalui blog atau menjadi Publisher (Penerbit Iklan) dengan mengikuti program seperti google adsense,.

3. Untuk berbagi pengetahuan Seorang blogger yang juga memiliki keahlian lain, misalnya komputer atau pertanian kadang membuat blog untuk mendokumentasi ilmunya, atau agar dapat dipelajari oleh orang lain.

4. Untuk sebagai catatan harian (pengalaman) atau hobi
Seorang blogger juga sering memasukan pengalaman pribadi mereka untuk diposting di blog. Pengalaman yang dimasukan mengacu kepada pengalaman yang berbeda dan terbilang aneh atau ekstrim.

5. Menyediakan suatu jasa atau informasi tertentu
 Di sini blog dirancang untuk menyediakan suatu jasa atau informasi tertentu, misalnya memberikan informasi seputar dunia komputer, menyediakan data prestasi yang pernah diraih Indonesia, jasa download film gratis,dll.

Perlu diketahui seorang blogger akan senang jika tujuan yang mereka untuk membuat blog telah terpenuhi, namun ada beberapa hal lain yang juga membuat blogger senang, hal tersebut antara lain :
  • Banyaknya pengunjung dan pagerank. Dengan banyaknya pengunjung dan pagerank, seorang blogger menjadi lebih semangat untuk mengurusi blog miliknya, hal tersebut dikarenakan seorang blogger memiliki kebanggaan dan kepuasan tersendiri dan tidak ingin mengecewakan pengunjungnya jika memiliki pengunjung yang banyak. Atau bagi pencari uang maka peluang mendapatkan uang lebih banyak akan semakin besar. 
  • Kritik dan Saran ( Komentar ) Komentar juga dapat dibilang suatu bentuk kepedulian pengunjung terhadap blog yang dikunjungi, dan menjadi bukti bahwa pengunjung benar-benar mengikuti dan membaca suatu postingan blog. Seperti di Facebook, jika status kita banyak mendapat komentar maka kita lebih senang dan semangat untuk update status, sebaliknya jika status kita tidak pernah dikomentari tentu akan menjadi malas untuk membuka Facebook. Jadi, jika kita mengunjungi sebuah blog hendaklah meninggalkan komentar, baik itu kritik, saran atau hanya sekedar ucapan terimakasih.
Sekarang apakah Kamu sudah mulai bersemangat untuk memulai aktivitas Blogging ?
Semoga apa yang akan menjadi tujuan Sobat Blogger semua, bermanfaat bagi Hajat orang banyak.
Sampai bertemu di Posting Metal Cangkir selanjutnya ..

Post a Comment

 
Ke atas