-->

0
Kamu masih menggunakan buku harian untuk mencatat segala peristiwa, pikiran, ataupun uneg-uneg harian Kamu? Hmm … mungkin masa itu sudah lewat, ya? Dewasa ini, orang lebih memlih media lain yang lebih canggih daripada sekadar buku untuk menuliskan semuanya, yaitu blog.

Kita bisa mendapatkan sebuah blog secara gratis, misalnya di blogger.com. Kita bisa memilih template atau tampilan blog sesuai selera. Jika blog kita adalah blog hiburan, kita tinggal memilih template yang tersedia dengan menyesuikan apa jenis isi blog kita nantinya.

Blog Hiburan

Apa itu Blog ?


Blog adalah salah satu situs web mini yang terdapat di dunia internet. Di dalam blog, yang kita buat dan menjadi milik kita, bisa dituliskan apapun yang ingin kita tulis. Seperti buku harian zaman dulu, blog juga bisa berisi tulisan yang bersifat pribadi, nakal, uneg-uneg ringan, dari masalah pekerjaan, rumah tangga, sampai angan-angan yang tidak mungkin sekalipun.

Blog biasanya ditulis satu orang, tapi bisa saja sebuah blog menjadi milik beberapa orang untuk mengisinya. Sebuah blog biasanya di-update lebih sering daripada jenis web lain. Mengisi blog dinamakan memposting. Dan postingan blog biasanya tersusun secara berurutan, dari post terbaru di atas dan yang lama akan bergulir ke bawah, demikian seterusnya.

Saat ini memang pesat sekali perkembangan dari dunia blogger itu sendiri. Hal ini seiring dengan semakin bertambah pesatnya dari perkembangan media internet. Karena memang blog adalah dibuat di dalam media internet.

Banyak sekali orang yang menciptakan blog pribadi dengan beraneka ragam isi dari blog itu sendiri. Ada yang memang bertujuan komersil untuk mendapatkan uang dari pembuatan blog itu dan juga ada yang murni membuat blog hanya untuk menyebarkan ide atau nilai yang diyakininya.

Pembuatan blog memang dapat dijadikan sarana komersil untuk mendapatkan uang. Hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti prosedur tertentu dari pihak tertentu pula sehingga memang blog yang telah dibuat dapat digunakan untuk memperoleh uang atau menambah keuangan pribadi.

Namun tak sedikit pula, blog pribadi yang dibuat tanpa dasar untuk memperoleh uang. Biasanya kebanyakan orang yang termasuk ke dalam kategori ini adalah orang-orang yang punya keyakinan tertentu dan ingin menyebarkannya kepada orang lain sehingga memang dapat dibaca oleh orang lain ini dan orang lain ini dapat mengerti dan memahami apa yang ia yakini, syukur-syukur kalau bahkan pembaca blognya akhirnya juga memiliki visi yang sama dengan apa yang sudah ia yakini.

Pada perkembangannya, ternyata blog tidak hanya berfungsi sebagai pengganti catatan harian kita, tapi multifungsi. Di antaranya adalah sebagai tempat mendapatkan uang, tempat menuliskan tentang topik-topik tertentu, tempat menampilkan profil perusahaan, tempat untuk jualan, dan sebagainya. Dan tidak sedikit juga yang menjadikan blog mereka sebagai blog untuk hiburan demi untuk mendapatkan kegembiraan dan kesenangan.

Blog Hiburan


Blog untuk hiburan secara sederhana dapat kita artikan bahwa blog yang dibuat oleh pemiliknya hanya bertujuan untuk hiburan saja. Hanya untuk mendapatkan kesenangan. Dengan tujuan ini maka blog tersebut dapat diisi dengan berbagai hal yang memang bersifat sebagai hiburan belaka tanpa ada maksud tertentu yang tak mengarah kepada hal hiburan.

Misalnya kita hobi menulis cerita-cerita lucu. Dan untuk menyalurkan hobi tersebut, kita menuangkannya dalam sebuah blog. Ya, tepatnya adalah yang berkaitan dengan hobi. Jadi, blog yang dibuat dapat digunakan sebagai media untuk menyalurkan hobi yang dimiliki agar memang dapat pula dinikmati oleh orang lain yang akan membaca isi dari blog yang ia punya.

Orang yang suka musik, bisa memasang aneka judul lagu di halaman blognya dan bisa diunduh oleh siapapun. Orang yang suka tentang dunia laut, untuk menyalurkan hobinya tersebut, ia akan menulis artikel-artikel tentang dunia laut yang sekaligus bisa disertai gambar-gambar. Apabila kita dapat menyalurkan hobi kita, maka kita akan mendapatkan hiburan. Dan blog untuk hiburan adalah salah satu sarana untuk menyalurkan hobi kita tersebut.

Keuntungan Menggunakan Blog


Beberapa sebab mengapa orang memilih blog adalah karena keunggulan blog tersebut. Di antaranya adalah sebagai berikut.


  1. Blog bisa menyimpan jumlah tulisan atau file sebanyak yang kita mau atau tak terbatas. Dengan demikian, kita tak akan merasa takut atau khawatir bahwa semua file atau dokumen yang sudah kita buat akan hilang atau musnah. Jika kita sudah menguploadnya di dalam blog pribadi kita maka kita masih dapat untuk mencarinya atau memang file tersebut akan tetap ada di dalam blog kita tersebut. Hal ini akan memberikan keunggulan tersendiri kepada semua orang yang memang membutuhkan untuk mempunyai kumpulan file yang tak akan pernah hilang atau musnah.
  2. Blog mudah digunakan oleh siapapun, bahkan oleh anak-anak. Dalam pembuatan blog, tidak ada batasan mengenai siapakah orang yang boleh untuk membuatnya. Yang terpenting adalah mengikuti prosedur tentang bagaimana pembuatan dari blog itu sendiri. Dan penggunanya juga tak dibatasi. Serta penggunaanya cukup mudah untuk dijalankan. Ketika sudah mengetahui bagaimana cara menggunakan blog ini maka aka dapat dilakukan di waktu yang akan datang. Menggunakan blog sejatinya adalah sebuah hal yang cukup simple dan sederhana.

    Bagi pemilik blog yang ingin untuk menambahkan isi dari blognya, cukup dilakukan dengan cara mengupload segala apa yang ingin untuk ditambahkan ke dalam blog tersebut.Bagi penggunanya, mengoperasikan blog juga tergolong sebagai hal yang mudah untuk dilakukan. Di halaman pertama blog tentunya akan ada dokumen yang baru saja diposting oleh si pemilik blog. Serta juga akan ada panduan untuk mendapatkan dokumen yang diinginkan oleh pembacanya.
  3. Blog tidak hanya memuat tulisan, tapi bisa gambar, file lagu, film, dan lain-lain. Dan hal ini sangat mungkin sebuah blog untuk dijadikan sebagai blog untuk hiburan. Inilah memang kelebihan dari blog, bahwa tidak hanya tulisan yang dapat diposting di dalam blogtersebut namun juga dapat memposting dokumen yang lain misalnya gambar atau lagu. Hal ini tentu akan menjadi suatu hal yang menarik bagi para blogger atau penikmat blog yang ada.
  4. Blog bisa dimiliki secara gratis (opensource). Hal ini juga merupakan kemudahan yang lain dalam kepemilikan blog. Tak perlu biaya yang cukup tinggi untuk memiliki sebuah blog. Bahkan pada saat ini, untuk membuat sebuah dapat dilakukan secara gratis yaitu tanpa ada biaya, seperti halnya dalam pembuatan akun di sosial media ataupun pembuatan email yang tak membutuhkan biaya.
  5. Blog tidak perlu dibawa ke mana-mana seperti buku harian. Asal ada koneksi internet di sekitar kita, maka kita bisa membuka dan mengisi blog kita, di manapun kita berada. Kemudahan dunia internet inilah yang memudahkan kehidupan manusia.

    Kita dapat mengakses blog kita di manapun kita berada dan dalam keadaan apapun. Inilah yang akan semakin mempermudah dalam penggunaan blog tersebut. Tidak membutuhkan banyak tenaga dan juga biaya untuk dapat menggunakan blog yang diinginkan.
  6. Blog bisa digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya digunakan untuk berbisnis, menjual produk barang atau jasa. Inilah kelebihan dari dunia internet yang saat ini semakin dikembangkan mengikuti kebutuhan dari manusia itu sendiri.

    Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa penggunaan blog memang dapat dengan tujuan komersil yaitu untuk menghasilkan uang. Hal ini dapat dilakukan dengan mengelola web sesuai dengan prosedur tentenu. Atau dapat pula untuk menggunakan blog sebagai media untuk berjualan suatu barang.
  7. Perusahaan penyedia blog, seperti blogger.com, wordpress.com, multiply.com, dsb, selalu menambah fitur-fitur baru demi kecanggihan dan kenyamanan para pemakai blog. Inilah bagian dari kemajuan teknologi dan juga perkembangan dari persaingan antara penyedia blog yang ada. Mereka semakin ingin untuk memberikan yang terbaik untuk dapat dipilih oleh penggunanya.


Nah, itulah mengapa orang cenderung memilih blog daripada jenis web lain. Karena memang blog memiliki begitu banyak kelebihan dan kemudahan dibandingkan dengan jenis yang lainnya yang sudah ada pada saat ini.

Sekarang, apakah Kamu belum mempunyai blog? Jangan sampai ketinggalan untuk memanfaatkan teknologi ini. Apabila Kamu membutuhkan hiburan, maka Kamu bisa membuat blog sebagai blog hiburan Kamu. Ayo nge-blog!


source : anneahira.com/blog-hiburan.htm

Post a Comment

 
Ke atas