-->

0
Apa kamu pernah berkunjung pada sebuah website atau Blog yang Loadingnya lambat ? Pernahkah kamu terbayang jika seandainya orang lain berkunjung di Blog kamu dan merasa tidak betah berlama-lama di blog kamu ? Itu mungkin bisa saja terjadi, orang pun akan malas bila mereka tak segera mendapat informasi yang mereka cari karena terlalu lama menunggu Loading Blog kamu yang berat. Dan akhrinya mereka jadi enggan untuk membaca posting-posting kamu yang lain. Untuk itulah pemilihan template dapat berpengaruh pada sebuah blog.

Template yang berat dan tidak SEO Friendly, berpengaruh juga pada kecepatan artikel yang baru kamu tulis untuk diindex oleh mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dll. Pada kesempatan kali ini Metal Cangkir akan coba membahas sedikit tips memilih Template yang tepat dan juga SEO Friendly.
Dalam memilih template yang SEO friendly. mungkin hal ini hanya sebagian kecil dari SEO, tapi tidak dipungkiri bahwa template berpengaruh dalam SEO.
Bagaimana menemukan template SEO? Coba searching template yang kurang lebihnya mempunyai ciri-ciri seperti dibawah ini :


  1. Warna tulisan dan background sesuai atau serasi. Usahakan membuat blog yang eye catching, lebih bagus lagi kalo kelihatan profesional atau rapi.
  2. Saat awal muncul, yang muncul adalah postingan blog kamu. Bukan sidebar dari blog. Agar sasaran keyword bisa langsung dilihat oleh pengunjung.
  3. Template tidak dibebani aksesoris yang berlebihan. Hal ini bisa berupa gambar atau flash,
  4. Tidak terlalu banyak iklan. Memang Iklan adalah penghasilan sebuah blog. Namun jika blog lebih banyak iklan dari pada konten asli, maka blog akan ditinggalkan pengunjung.
  5. Loading masuk kehalaman template cepat. Maksudnya agar seandainya ada orang yang masuk blog kamu tidak bosan menunggu loading yang akhirnya malah mereka menutup Blog kamu.


Beberapa yang disebutkan diatas adalah gambaran sebuah template yang baik (menurut saya).
Trus bagaimana agar template mejadi SEO ?

Sekarang Metal Cangkir akan coba membahas seperti apa kriteria template yang seo. Template SEO adalah sebuah template dimana mesin pencari seperti google atau yahoo lebih cepat meng-indeks artikel atau posting blog kamu. Sehingga saat pencarian berlangsung template mudah dibaca isinya.

Tips Memilih template SEO :

  • Carilah template yang mempunyai sidebar di kanan, agar Web Crawl mesin pencari lebih dulu mengindeks isi artikel pada blog kamu.
  • Pilih template yang mempunyai sedikit menu dan ukuran file XML-nya kecil, karena itu berarti tidak terlau banyak Scritp atau Kode HTML yang ada pada template.
  • Usahakan background adalah warna dasar (background: #FFFFFF;), dan tidak merupakan Gambar (background url (http://domain.com/background.jpg). Jika kamu memilih template yang mepunyai Background gambar, bisa diganti dengan warna dasar melalui menu Edit Template.

Mungkin seperti itu sedikit tips SEO yang coba Metal Cangkir bahas. Kalo mungkin sobat blogger mempunyai pendapat lain silahkan sampaikan lewat Komentar. Sampai bertremu pada lain kesempatan. Salam METAL \m/ .


Post a Comment

 
Ke atas